POSTING

Rabu, 19 Januari 2011

SITUS LANTAI SEGIENAM



SITUS LANTAI SEGIENAM
Kategori Obyek : Wisata Wisata Sejarah, Wisata pendidikan
Alamat : Sentonorejo Trowulan
Situs Lantai Segi Enam terletak di Dusun Kedaton, Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan. Kurang lebih 500 meter arah selatan Pendopo Agung.

Peninggalan purbakala ini berupa hamparan ubin dan sisi dinding bangunan. Lantai bangunan kuno ini terbuat dari tanah liat bakar berpola segi enam dengan panjang tiap sisinya 6 cm dengan ketebalan 4 cm. Bentuk lantai ini pada zaman sekarang dikenal dengan paving stone. Jumlah ubin yang tersisa 104 buah. Antara ubin satu dengan yang lain direkatkan dengan tanah liat. Lantai segienam ini berada dalam kotak galian berukuran 7.50 x 4.75 m dan diberi atap, berada sekitar 1,8 meter di bawah permukaan tanah. Lantai segi enam ini bentuknya unik, karena selama ini belum pernah ditemukan bentuk yang sama pada situs situs Trowulam lainnya.

Ukuran ubin sekitar 34 x 29 x 6,5 cm, pengikat antara ubin yang satu dengan lainnya menggunakan perkat tanah. Diperkirakan susunan lantai kuno ini merupakan peninggalan situs pemukiman kuno bercirikan bangunan profan berupa rumah tinggal pada masa kerajaan Mojopahit
Di kompleks situs ini terletak di Gedung Arsip restorasi situs di kawasan Trowulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar