POSTING

Rabu, 19 Januari 2011

CANDI WRINGINLAWANG



CANDI WRINGINLAWANG
Kategori Obyek : Wisata Wisata Sejarah, Wisata pendidikan, Wisata budaya
Alamat : Jatipasar Trowulan
Candi Wringin Lawang, kadang disebut Candi Jatipasar, terletak di Dusun Wringinlawang, Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan.
Dari kilometer 11 jalan raya Mojokerto - Jombang masuk + 200 meter. Karena dekat dengan jalan propinsi, maka sangat mudah dicapai baik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Candi Wringin Lawang berbentuk gapura. Keseluruhan terbuat dari batu bata dengan arah hadap timur barat. Berukuran 13 x 11.50 meter dan memiliki tinggi 15.50 meter. Bangunan ini termasuk tipe candi bentar, yaitu gapura tanpa atap. Candi bentar biasanya berfungsi sebagai gerbang luar suatu kompleks bangunan. Umumnya orang meng hubungkan dengan gapura masuk ke ibukota Mojopahit, namun secara pasti belum dapat diketahui apakah gapura ini merupakan gerbang kraton atau bangunan lain. Hanya diperkirakan sebagai pintu gerbang salah satu kompleks bangunan yang berada di kotaraja Majapahit.

Di sekitar gapura ditemukan 15 sumur tua berbentuk segi empat dan silindris, yang tersebar di sebelah barat daya 14 buah dan tenggara 1 buah. Tidak jauh dari gapura saat ini telah dibangun panggung pementasan. Pada setiap bulan Ruwah penanggalan Jawa, diselenggarakan ruwat Desa Jatipasar dengan menggelar pagelaran wayang kulit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar