POSTING

Rabu, 19 Januari 2011

SITUS KOLAM SEGARAN



SITUS KOLAM SEGARAN
Kategori Obyek : Wisata Wisata Sejarah, Wisata pendidikan
Alamat : Trowulan Trowulan
Situs Kolam Segaran terletak di tepi jalan jurusan Trowulan-Pendopo Agung, sekitar 300 meter dari simpang empat Trowulan. Secara administratif termasuk wilayah Dusun Trowulan, Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan.

Situs ini merupakan bangunan kolam kuno terbesar yang pernah ditemukan di Indonesia. Luasnya 6.5 Ha membujur utara-selatan dengan pintu masuk di sebelah barat. Dinding kolam terbuat dari batu bata yang direkat dengan cara saling digosokkan.

Di bagian tenggara terdapat saluran air masuk (inlet), sedangkan saluran keluar (outlet) di sebelah barat laut. Kedua saluran ini berhubungan dengan ”Balong Dowo” di barat laut dan ”Balong Bunder” di selatan. Dengan adanya saluran masuk dan keluar, serta ukuran kolam, diduga Kolam Segaran dulunya merupakan waduk atau telaga penampung air.

Keberadaan kolam ini menunjukkan bahwa pada masa Mojopahit telah mengenal teknologi hidrologi. Konon dengan adanya pengetahuan hidrologi ini kotaraja Mojopahit tidak pernah dilanda banjir. Keberadaan kolam ini tercatat di dalam kitab Negarakertagama.

Menurut cerita rakyat, Kolam Segaran digunakan sebagai tempat menjamu tamu negara. Setelah perjamuan, perabot makan seperti piring, sendok, cangkir, dan lain-lain yang kesemuanya terbuat dari emas dibuang ke tengah telaga. Hal ini untuk menunjukkan kepada para tamu tingkat kemakmuran kerajaan Majapahit. Akan tetapi, ketika para tamu meninggalkan lokasi, perabot tersebut diangkat kembali karena di dasar telaga telah dipasang jaring.
Terlepas dari itu semua, kolam segaran adalah karya monumenta

1 komentar: