POSTING

Rabu, 19 Januari 2011

CANDI SUMURGANTUNG



CANDI SUMURGANTUNG
Kategori Obyek : Wisata Wisata Sejarah, Wisata pendidikan
Alamat : Beratwetan Gedeg
Terletak di Desa Berat Wetan, Kecamatan Gedeg. Fisik candi berupa tumpukan batu bata setinggi 3 meter. Pada bagian atas terdapat lubang sumur persegi dengan panjang sisi 120 cm. Sekitar tahun 1940-an lubang tersebut masih mengeluarkan air, tetapi sekarang sudah kering.

Konon, menurut cerita rakyat, tersebutlah Adipati Bulu yang mempunyai seorang putri. Kecantikan putri ini sangat tersohor, sehingga menarik minat seorang petinggi kerajaan Mojopahit untuk memperistri. Sang Putri mengajukan syarat, sang petinggi harus mampu membuat sumur yang airnya lebih tinggi dari sumber air dan permukaan sungai. Demi memperoleh cinta Sang Putri, maka dibuatlah sebuah sumur disekeliling pohon besar yang dinamakan Sumur Gantung.

Terlepas dari benar tidaknya cerita rakyat ini, jika dulu sumur ini pernah mengeluarkan air, berarti pada masa Mojopahit telah mengenal teknologi sumur artesis atau minimal sumur resapan. Ini membuktikan bahwa disamping sistem kanal dan waduk, Mojopahit telah menguasai teknik hidrologi bangunan air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar