POSTING

Selasa, 18 Januari 2011

festival bulan purnama mojopahit 2010

Bertempat di pelataran Candi Wringin Lawang Trowulan, semalam (27/7) diselenggarakan “Festival Bulan Purnama Majapahit Trowulan 2010”. Dihadiri Kadin Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata, Kadin Pendidikan, Dirjen Kesenian Kementrian Pariwisata, Dewan Kesenian Jatim, Dewan Kesenian Kab dan Kota Mojokerto serta masyarakat.
Festival Bulan Purnama Majapahit rutin diselenggarakan setiap bulan bertepatan dengan munculnya bulan purnama. Festival ini dimeriahkan berbagai kesenian yang berbeda di setiap bulannya baik dari seniman mojokerto juga seniman dari luar daerah. Kesenian tari, mocopat, pembacaan puisi, ludruk dan pentas teater. Pada bulan Juli ini, festival bulan purnama menampilkan pementasan teater.
Pementasan menampilkan 2 pentas teater dengan judul yang berbeda. Pentas teater “Kisah Penggali Batu” oleh Lidhie Art Forum Mojokerto, naskah dan sutradara Bagus Mahayasa. Pementasan cerpen berjudul “Merdeka” karya Putu Wijaya oleh Komunitas Seni Persada, Desa Batankrajan Kec. Gedeg dengan sutradara Files. Selesai pementasan teater dilanjutkan dengan Diskusi Teater dengan narasumber R. Giryadi, Ketua Komite Teater Dewan Kesenian Jatim dan W. Haryanto dari Balai Bahasa Surabaya.
“Kegiatan festival ini sebagai salah satu ajang promosi wisata Trowulan yang diharapkan nantinya dapat menjadi even nasional juga dapat mendatangkan wisatawan serta mengangkat kesenian daerah. Selain itu Dinas Pariwisata beserta Pemkab juga akan terus mengembangkan infrastruktur guna menunjang fasilitas pariwisata, seperti membangun kios-kios untuk masyarakat di sekitar obyek wisata yang ada di trowulan dimana dapat digunakan untuk menjual makanan khas Mojokerto”, ungkap Kadin Disporabudpar, Drs. Afandi Abdul Hadi, SH, MPd.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Kesenian Kementrian Pariwisata, Ismail menyampaikan bahwa Pemerintah pusat sangat mendukung kegiatan festival ini sebagai salah satu promosi mengangkat pariwisata daerah sesuai dengan program “Semarak Budaya” yang dicanangkan oleh Menteri Pariwisata. Untuk pengembangannya, pemerintah pusat mengajak sharing dengan pemkab guna memenuhi kelayakan serta promosi pariwisata di daerah. (Bagian Humas dan PDE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar