POSTING

Minggu, 23 Januari 2011

PESONA TMAN LENGKONG BARU MOJOKERTO

Mojokerto dilintasi oleh sungai brantas, dan sungai itu menjadi salah satu batas administratif antara wilayah Kotamadya dan Kabupaten Mojokerto. Sungai tersebut pecah menjadi 2 aliran, pertama mengarah ke Surabaya, dan aliran kedua mengarah ke Porong, Sidoarjo. Pecahan aliran Sungai Brantas tersebut berada di wilayah Mojokerto.
Pecahan dengan debit aliran kecil mengarah ke Surabaya, dan dengan debit besar mengalir ke arah Porong. Sungai dengan debit besar ini dinamakan Sungai Porong. Beberapa meter setelah awal pecahan aliran, terdapat dam pengatur aliran sungai. Bentuk bangunan pengatur aliran debit air sungai ini unik, bisa Anda lihat di foto ini. Pengatur aliran ini lebih dikenal Masyarakat Mojokerto dengan nama Rolak, karena berjumlah 9 bangunan, akhirnya bernama Rolak Songo.
Dilokasi itu ternyata memang daerah lokasi wisata. Bernama Taman Wisata Lengkong Baru dan Museum Rolak Songo. Wah, perlu neh dikunjungi, tetapi penulis belum punya kesempatan masuk kesana. Ada apakah gerangan disana ?
Penulis berkunjung kesana pada saat bulan puasa. Sekitar jam 4 sorean, disana sudah ramai, digunakan untuk sekedar nongkrong oleh pemuda-pemudi serta penduduk sekitar Mojokerto yang mungkin bersantai menunggu waktu buka puasa. Menurut penduduk sekitar Rolak Songo, tempat itu memang ramai ketika sore menjelang datang. Dengan suguhan pemandangan sungai yang luas, kelihatan menggenang tenang, matahari memerah akan tenggelam, lalu lalang pengendara motor, aktifitas memancing, serta warung-warung kecil menjajakan makanan ringan, tempat tongkrongan, menjadikan khas untuk dinikmati oleh masyarakat sekitar Mojokerto.
Disisi lain, diseberang jembatan Rolak Songo, terdapat hiruk pikuk lain, warung-warung berjejer rapi, penjual buah, mainan anak-anak dan penjual ikan. Letak penjual ikan ini dibawah pohon beringin besar. Ikan yang dijual disana adalah Ikan Jendil, Rengkik, Lele dan Wader. Sepertinya memang ikan hasil tangkapan penduduk sekitar situ dari Sungai Porong yang membentang didepannya. Penulis pun berkesempatan membeli Ikan Jendil dan Rengkik serta Wader untuk dimasak buat buka puasa.
Rolak Songo, Mojokerto, mungkin bisa dikunjungi oleh Anda. Melihat-lihat situasi baru memperindah hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar